Kamis, 05 Mei 2011

Pengenalan Pemrograman

Bahasa merupakan hal yang sangat penting untuk berkomunikasi. Makhluk hidup seperti manusia dan hewan menggunakan bahasa sebagai alat komuniksai. komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang memungkinkan satu pihak memberikan perintah dan pihak lain bisa mengerti perintah tersebut. Agar komunikasi dapat berlangsung maka kedua pihak ini harus menggunakan bahasa yang sama dan dapat dimengerti oleh keduanya.

Seperti halnya manusia, mesin juga memiliki bahasa yaitu bahasa mesin. mesin hanya bisa mengerti bahasa mesin sebagai alat komunikasi. Saat ini mesin-mesin elektronik bekerja berdasarkan perintah yang ditentukan dengan ada tidaknya elektron yang mengalir, atau sedikit banyaknya elektron yang mengalir.  Jadi, dalam bahasa mesin hanya ada 2 simbol yaitu 1 dan 0 atau biasa disebut denga bytecode.

Kita pasti berpikir bagaimana cara manusia bisa berkomunikasi dengan mesin. Hanya ada dua cara manusia bisa memberikan perintah kepada mesin, yang pertama manusia menggunakan bahasa mesin atau yang kedua mesin yang diajarkan bahasa manusia. Disini, cara yang paling mungkin adalah cara yang pertama, karena manusia mempunyai kecerdasan untuk mempelajari suata bahasa.

Namun, pada kenyataannya manusia mempunyai banyak kesulitan dalam memahami bahasa mesin. karena bahasa mesin sangat komplek dan sangar rumit. Untuk megatasi permasalah ini, maka dikembangkanlah bahasa pemrograman yang menjadi perantara komunikasi  manusia dengan mesin. Manusia menciptakan compiler yang dapat menerjemahkan bahasa pemrograman tertentu kedalam bahasa mesin. Sehingga manusia tidak perlu lagi mempelajari bahasa mesin. 

Berikut ini merupakan perkembangan bahasa pemrograman dari generasi I hingga IV :

  1. Bahasa pemrograman generasi I, dikenal juga dengan bahasa mesin atau level intruksi dan data yang diberikan   langsung pada prosesor agar dapat bekerja. pada generasi ini, manusia langsung menggunakan bahasa mesin untuk memberikan perintah kepada mesin sehingga tidak diperlukan compiler untuk menerjemahkan perintah dari manusia kepada mesin.
  2. Bahasa pemrograman generasi II, dikenal juga dengan bahasa assembly. pada generasi ini digunakan bahasa berupa perintah perintah yang ditunjukan kepada memory.
  3. Bahasa pemrograman generasi III, Pada generasi ini terdapat berbagai macam bahasa yang digunakan. Bahasa- bahasa tersebut sudah lebih modern karena menggunakan kosa kata yang terdapat di dalam bahasa alami manusia. Namun, bahasa pada generasi III tidak menggunakan tata bahasa manusia sehingga manusia harus mempelajari bahasa tertentu yang harus digunakan pada generasi ini. Bahasa Pemrograman generasi III :  LISP , Prolog, Pascal, C , C++, dan Java                                                              
  4. Bahasa Pemrograman generasi IV, dikenal juga dengan bahasa SQL. Generasi ini menggunakan bahasa yang paling dekat dengan bahasa manusia. tata bahasa yang digunakan juga mengadopsi tatabahasa manusia. Bahasa generasi IV digunakan pada DBMS relasional seperti MySQL, Ms. SQL Server, PostGresSQL, dan ORACLE.

Inilah sedikit bahasan tentang Pemrograman. Semoga bermanfaat..!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms