Jumat, 06 Mei 2011

Konvensi Pada Bahasa Java

Konvensi Pada Java
Konvensi sangat diperlukan ketika kita membangun sebuah aplikasi  besar yang dikerjakan oleh banyak developer. Hal ini bertujuan agar ketika kita menggabungkan program tidak terjadi masalah karena konvensi sangat konsisten.

Ada beberapa standar penulisan kode program pada java diantarnya adalah :

  1. Nama paket, kelas, variable , method hanya boleh terdiri atas karakter huruf dan angka dan tidak boleh diawali angka.
  2. Nama paket diawali dengan huruf kecil. Nama paket tidak boleh lebih dari satu kata. Contoh : namapaket
  3. Nama kelas diawali denga huruf kapital untuk setiap awal kata. Contoh :NamaKelas
  4. Nama variable dan method diawali dengan huruf kecil. jika terdiri dari lebih dari satu kata, maka kata kedua diawali huruf kapital. Contoh :namaVariable, iniNamaMethod .
  5. Nama variable final ditulis dengan menggunakan huruf kapital untuk semua hurufnya. jika lebih dari satu kata, maka antara kata sati dengan kata yang lain dipisahkan oleh sebuah undescore '-'.
  6. Tidak ada karakter enter sebelum kurung kurawal buka dan setelah kurung kurawal buka diikuti oleh karakter enter dan tab. sebelum kurung kurawal tutup terdapat karakter enter dan identasi digeser satu tab ke kiri. setalah kurung kurawal diikuti olek karakter enter apabila akhir suatu pernyataan.
  7. Setiap akhir suatau pernyataan diakhiri oleh karakter enter.
Inilah beberapa konvensi pada java. Semoga bermanfaat...!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms